Risiko Jika Tidak Registrasi Ulang Simcard Hingga 28 Februari 2018.

28 Februari 2018 merupakan tenggat terakhir untuk pengguna nomor prabayar di Indonesia melakukan registrasi ulang simcard. Dengan begitu, suka tidak suka pengguna harus segera melakukan registrasi ulang nomor simcard mereka sebelum tenggat waktu berakhir.

Pemerintah melalui Direktur Jenderal Penyelenggara Pos dan Informatika, Ahmad M Ramli, mendekati batas waktu dikhawatirkan terjadi lonjakan traffic dari pengguna yang melakukan registrasi ulang. Hal ini dikhawatirkan akan menghambat proses registrasi ulang.

Selain itu, M Ramli sebagaimana dikutip dari liputan6.com mengingatkan kembali mengenai program registrasi ulang nomor handphone, yakni :

  • Pengguna diingatkan kembali untuk menggunakan data kependudukan, yakni NIK dan KK secara benar dan berhak.
  • Dilarang menggunakan data NIK dan KK orang lain tanpa izin dan hal tersebut merupakan pelanggaran hukum.
  • Masyarakat dihimbau untuk melakukan sendiri registrasi ulang kartu sim mereka, menghindari data yang dapat disalahgunakan.
  • Program ini bertujuan untuk menciptakan keamanan dan kenyamanan pengguna ponsel, meminimalisir praktek penipuan dan tindak kejahatan serta memudahkan pelacakan gawai yang hilang.
  • Segera cek apakah nomor kalian sudah teregistrasi.
Tidak Registrasi Ulang Simcard

ilustrasi simcard

Cara Registrasi Ulang Simcard

Bagi kalian yang belum mendaftar ulang Simcard kalian, ada baiknya untuk dilakukan sekarang. Syarat utama untuk registrasi ulang adalah memilliki Nomor Induk Kepegawaian dan nomor Kartu Keluarga.

Untuk Pelanggan Baru

Bagi kalian yang menggunakan nomor SIM perdana baru silahkan ikuti langkah registrasi ulang simcard untuk pelanggaran baru berikut :

Indosat, Smartfren, Tri

NIK#NomorKK#

dan kirim ke 4444

XL Axiata

Daftar#NIK#Nomor KK

dan kirim ke 4444

Telkomsel

Reg(spasi)NIK#NomorKK

dan kirim ke 4444

Untuk Pelanggan Lama

Untuk Registrasi Ulang Nomor Handphone pelanggan lama ikuti cara berikut :

Indosat, Smartfren, dan Tri

ULANG#NIK#NomorKK#

dan kirim ke 4444

XL Axiata

ULANG#NIK#NomorKK

dan kirim ke 4444

Telkomsel

ULANG(spasi)NIK#NomorKK#

dan kirim ke 4444

Ciri-ciri Simcard telah Berhasil Registrasi Ulang

Setelah melakukan registrasi ulang dengan cara diatas, bagaimana ciri-ciri simcard telah berhasil registrasi ulang?

Hal pertama adalah jika kalian telah melakukan daftar ulang nomor kartu prabayar melalui SMS maka akan menerima balasan dari operator 4444 yang menyatakan bahwa daftar ulang telah berhasil dilakukan.

Penyebab simcard gagal registrasi ulang adalah beberapa alasan seperti salah memasukan Angka NIK atau KK, nomor KK yang tidak sesuai karena pindah domisili, atau karena NIK dan KK yang diblokir oleh Kemendagri karena data ganda.

Jika hal tersebut terjadi, kalian harus mengurusnya di gerai operator masing-masing untuk mendaftar secara manual dan mengisi form surat pernyataan. Khusus pelanggan Telkomsel kalian dapat meminta bantuan Call Center tanpa harus datang ke gerai GraPari.

Ciri yang kedua jika telah berhasil daftar ulang simcard adalah kalian tidak akan dibanjiri oleh SMS 4444 yang meminta kalian untuk melakukan registrasi ulang. Nomor operator tersebut akan selalu mengingatkan pengguna yang belum melakukan daftar ulang nomor prabayar.

Risiko jika Tidak Melakukan Registrasi Ulang

Risiko jika tidak melakukan Registrasi Ulang Simcard hingga tenggat waktu 28 Februari 2018 adalah pemblokiran nomor. Pemblokiran akan dilakukan secara bertahap hingga 28 April 2018 mendatang.

Sebagai langkah awal, jika hingga 28 Februari 2018 kalian belum melakukan daftar ulang kartu sim. Maka pemerintah melakukan Kemenkominfo akan memberikan kelonggaran masa tenggang hingga 30 hari.

Secara bertahap beberapa fungsi simcard akan tidak berfungsi untuk kemudian nomor akan benar-benar di blokir pada bulan April 2018 mendatang. Untuk itu, segera daftar ulang nomor prabayar kalian agar tidak di blokir selamanya.

Risiko Jika Tidak Registrasi Ulang Simcard Hingga 28 Februari 2018. | Muhammad Fabian | 4.5