Mengetahui Penyebab Ponsel Meledak dan Cara Menghindarinya

Pada Januari 2018 lalu, kejadian buruk menimpa bocah laki-laki di Tiongkok, dirinya terluka parah saat ponsel yang dipegangnya saat proses pengisian daya meledak. Akibatnya bocah laki-laki tersebut mengalami masalah kesehatan yang serius yakni kebutaan dan kehilangan satu jarinya.

Kasus ponsel meledak tersebut bukanlah kasus pertama. Pada akhir 2017 lalu, Samsung Galaxy S5 juga pernah meledak saat dicharge ketika pemilik tidur.

Pada 2016, Samsung melakukan penarikan besar-besaran setelah Galaxy Note 7 dilaporkan meledak dari berbagai negara.

Terdapat beberapa penyebab Ponsel Meledak yang dihimpun penulis dari Android Authority.

Penyebab Ponsel Meledak

Ponsel yang Meledak | foto: MarketWatch

Penyebab Ponsel Meledak

Baterai Cacat Produksi

Kasus ponsel meledak yang dialami Samsung Galaxy Note 7 disebabkan oleh baterai yang cacat produksi. Perusahaan asal Korea Selatan tersebut memiliki dua pemasok baterai yang berbeda.

Baterai yang diproduksi Samsung IBT,ternyata tidak ada cukup ruang antara lapisan pelindung panas dan bagian internal, sehingga menyebabkan korslet pada komponen baterai.

Sementara itu, baterai yang di supply oleh Amperex Technology ternyata beberapa sel ditemukan tidak ditemukan insulation tape, dan beberapa sampel baterai memiliki tonjolan yang dapat menyebabkan kerusakan pada separator anoda dan katoda.

Baterai-baterai tersebut juga hanya memiliki separator tipis yang meningkatkan risiko kerusakan dan menyebabkan korslet.

Ponsel Terbanting

Ponsel yang jatuh dan terbanting juga dapat menyebabkan kerusakan pada baterai. Lithium-iOn sebenarnya jarang meledak, tetapi bila ponsel kalian terjatuh maka dapat menyebabkan kerusakan komponen diantara sel yang berujung pada korsleting.

Overheating

Inilah yang paling sering dilaporkan menjadi penyebab ponsel meledak. Yakni meledak saat mengisi baterai.

Ketika melakukan pengisian baterai, baterai pasti akan mengalami panas.Biasanya ini dikarenakan temperatur tinggi, kecuali ada titik cela pada baterai.

Overcharging atau meng-charge terlalu lama meski baterai sudah penuh juga dituding menjadi pemicu smartphone menjadi sangat panas.

Saat baterai kepanasan,akan terjadi aksi berantai yang berujung pada kebakaran atau ledakan.

Tips Menghindari Ponsel Meledak

Kasus-kasus ponsel meledak umumnya disebabkan oleh baterai. Lalu bagaimana cara menghindari ponsel meledak? Berikut langkah-langkah yang harus kalian lakukan untuk menghindari kejadian tersebut.

Charge Baterai dengan Benar

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah dengan menggunakan charger asli yang disediakan oleh pabrikan ponsel. Charger dari pihak ketiga umumnya tidak lolos sertifikasi yang ditentukan oleh pabrikan.

Kedua, ketika baterai telah terisi penuh segera lepaskan dari charger karena jika terus-terusan terhubungan dengan listrik dikhawatirkan akan menyebabkan korsleting.

Ada baiknya untuk tidak memainkan smartphone saat proses pengisian daya sedang berlangsung.

Jangan Sampai Overheating

Ponsel yang mengalami overheating dapat memicu ledakan. Salah satunya cara untuk mengantisipasi hal tersebut adalah dengan mengistirahatkan ponsel kalian ketika sudah terlalu panas. terutama kalian yang senang memainkan game berat seperti mobile legends.

Ganti Baru

Ketika muncul kabar mengenai ponsel meledak, dan secara kebetulan merk dan varian yang sama dengan yang kalian miliki sebaiknya pertimbangkan untuk mengganti smartphone kalian. Hal ini lebih baik untuk keselamatan kalian.

Mengetahui Penyebab Ponsel Meledak dan Cara Menghindarinya | Muhammad Fabian | 4.5