Cara Membedakan Charger iPhone Asli dan Palsu

Pada Oktober 2016 yang lalu, Apple menggugat Amazon karena telah menjual aksesoris iPhone palsu, Aksesoris Apple yang dipalsukan diantaranya, Adapter, kabel data, charger dan lainnya yang diproduksi oleh Mobile Star LLC, dan 50 perusahaan produsen aksesoris lainnya. Penting bagi kalian untuk mengetahui cara membedakan Charger iPhone Asli dan Palsu karena hal tersebut mempengaruhi usia baterai iPhone kalian.

Charger iPhone palsu yang dijual sangat berbahaya, seperti dapat overheating, korsleting dan terbakar. Apple sendiri telah menguji aksesoris-aksesoris palsu yang beredar dan menemukan masalah di sirkuit voltase rendah dan tinggi.

Cara Membedakan Charger iPhone Asli dan Palsu

Logo Verifikasi Made for iPhone

Cara Membedakan Charger iPhone Asli dan Palsu

Made for iPhone | foto: Apple

Apple memiliki dua jenis produksi aksesoris, yakni: standar produksi yang dilakukan oleh Apple pada aksesoris yang mereka produksi sendiri, dan standar dimana mereka yang memverifikasi aksesoris yang diproduksi oleh pihak ketiga. Untuk itu, perusahaan asal Cupertino itu memiliki standar yang ditandai dengan sticker “Made for iPhone”.

Tulisan dan logo Made for iPhone ini dapat ditemui pada boks penjualan aksesoris, seperti Earpod, Charger, casing, dock dan speaker.

Namun, khusus kabel asli iPhone justru tidak memiliki sticker Made for iPhone. Jika kalian menemui kabel charger yang memiliki sticker Made for iPhone dapat dipastikan itu palsu.

Designed by Apple in California

Cara Membedakan Charger iPhone Asli

Perbandingan kabel charger iPhone | foto: istimewa

Khusus untuk kabel charger yang asli dipastikan memiliki tulisan “Designed by Apple in California” atau “Assembled in China” di balik penjualannya.

Selain itu, tulisan “Assembled in Vietnam” dan “Indústria Brasileira” merupakan produk pihak ketiga yang telah diverifikasi oleh Apple.

Perhatikan Ujung Kabel Lightning Port

Langkah selanjutnya adalah dengan membedakan ujung kabel dari Lightning Port. Kabel Charger iPhone yang asli memiliki garis-garis emas halus dan tidak menonjol. Material metal juga halus dan tidak kasar seperti yang palsu.

Tidak hanya itu, ujung lightning port kabel asli biasanya berwarna perak dengan garis emas yang terang, berbanding terbalik dengan kabel charger iPhone palsu yang berwarna emas kehitaman.

Sementara itu, ketebalan plastik putih pada ujung kabel yang asli terasa konsisten, berbeda dengan ujung kabel palsu yang memiliki ketebalan yang berbeda dan tidak merata.

Untuk lebih detail silahkan lihat bagian gambar dibawah ini :

Membedakan Charger iPhone Asli dan Palsu

Lightning Port Charger iPhone | foto: Istimewa

Selain hal-hal diatas, cara membedakan charger iPhone asli dan palsu dapat dilihat melalui charger iPhone palsu yang dua kali lebih lamban saat dipakai mengisi baterai. Selain itu, dari segi pengemasan biasanya adalah kesalahan ejaan penulisan, hingga pengemasan yang terkesan tidak rapi seperti pengemasan produk Apple yang resmi.

Bahaya Charger iPhone Palsu

Apple mulai memberikan peringatan kepada konsumennya agar berhenti menggunakan aksesoris, charger dan baterai palsu di semua produknya.

“hal ini bisa menimbulkan risiko keamanan,” dalam rilis pada situs Apple.

Hal ini sejalan dengan data yang dikeluarkan perlindungan konsumen, Trading Standards. Yang melakukan penelitian terhadap 400 charger iPhone palsu dan menemukan bahwa 397 diantaranya tidak menggunakan material penghantar listrik yang layak dan sesuai standar untuk melindungi pengguna dari sengatan listrik.

Hal tersebut tentu sangat mengerikan mengingat kebiasaan pengguna yang menggunakan iPhone saat sedang di charge baterainya.

Cara Membedakan Charger iPhone Asli dan Palsu

Aksesoris iPhone Asli | foto: Pixabay.com

Cara Membedakan Charger iPhone Asli dan Palsu | Muhammad Fabian | 4.5