5 Tips Menangani Panas di Smartphone Kalian

Berbeda dengan personal komputer, ponsel tidak memiliki rangkaian pendingin otomatis untuk menangani panas di Smartphone. Karenanya, beberapa pabrikan smartphone memasang pengukur panas pada ponsel mereka.

Alat ini akan secara otomatis menon-aktifkan beberapa fitur dalam smartphone, seperti flash. Beberapa pabrikan mengandalkan pendinginan pasif tanpa adanya fitur pengukur panas.

Berikut ini 5 tips menangani panas di Smartphone kalian yang kami kutip dari How to Geek.

5 Tips Menangani Panas di Smartphone

Panas Karena Baterai Gembung

Baterai smartphone yang membesar atau menggelembung dapat terjadi. Tidak hanya mempengaruhi fungsinya, baterai yang menggelembung akan menyebabkan retakan pada body smartphone. Jika hal ini terjadi, ada baiknya untuk mematikan smartphone.

Untuk beberapa saat tidak mengisi daya baterai. Jika baterai semakin menggelembung, ada baiknya untuk membawa ke pusat service (service centre) untuk meminta penggantian baterai.

Panas saat Charging Baterai

Adakalanya smartphone kalian menjadi panas saat melakukan pengisian baterai. Namun, jika terlalu panas ada masalah pada kabel charger kalian.

Jika smartphone kalian menjadi sangat panas saat melakukan pengisian baterai, cabut charger lalu biarkan dingin beberapa saat. Isi ulang baterai menggunakan charger resmi yang telah diverifikasi pabrikan.

Panas Saat Terkena Matahari

Terkadang kita sering meninggalkan smartphone dimeja yang terpapar langsung sinar matahari, atau di dashboard mobil yang dimana dapat ditembus cahaya matahari.

Untuk mendinginkan smartphone yang panas akibat terjemur sinar matahari, segera matikan smartphone kalian, kemudian letakkan ditempat yang teduh. Smartphone yang terjemur matahari dapat mengalami mati total dan tidak bisa digunakan kembali.

Panas Saat Bermain Game

Wajar jika ponsel terasa panas saat kalian memainkan game 3D atau saat melakukan multi tasking dengan beberapa aplikasi sekaligus. Dampaknya adalah daya baterai smartphone kalian akan cepat habis. Jika terlampau panas smartphone akan mengalami perlambatan kinerja untuk mencegah overheating.

Generasi smartphone terbaru biasanya memiliki spesifikasi yang lebih bertenaga. Artinya, aplikasi dan game yang tersedia juga membutuhkan spesifikasi yang tinggi.

Sehingga, jika aplikasi atau game masih bisa berjalan pada perangkat smartphone lama biasanya menjadi lemah, karena spesifikasi smarpthone tersebut sudah tidak sesuai dengan spesifikasi aplikasi.

Jika demikian, cobalah melakukan upgrade Operating System (OS) dan jika perhatikan persyaratan aplikasi apakah sesuai sesuai dengan spesifikasi smartphone kalian.

Panas setelah upgrade OS

Setelah melakukan upgrade OS, kinerja smartphone biasanya akan meningkat karena background processing dan merupakan hal yang wajar.

Namun, jika tidak kunjung dingin maka menjadi hal yang tidak wajar. Untuk menangani hal ini kalian harus pergi ke service centre.

Memang, dalam banyak kasus smartphone bisa panas karena CPU yang bekerja terlampau keras. Namun, bisa pula panas berasal dari baterai. Untuk itu, kalian membutuhkan pendapat teknisi dari service centre.

Tips Menangani panas di smarpthone

ilustrasi baterai | foto: pixabay.com

5 Tips Menangani Panas di Smartphone Kalian | Muhammad Fabian | 4.5