5 Penyakit Kulit Yang Disebabkan Penggunaan Smartphone

Setelah beberapa waktu yang lalu beredar kabar mengenai seseorang yang mengalami masalah kejiwaan lantaran gandrung akan smartphonenya sehingga mempengaruhi kondisi kejiwaan, Kini penelitian yang dilakukan oleh University of Arizona, Amerika Serikat mengungkapkan Penyakit Kulit yang disebabkan penggunaan smartphone.

Dalam penelitian tersebut, ditemukan fakta bahwa smartphone yang kalian pegang untuk membaca informasi ini membawa sepuluh kali lipat lebih banyak dibanding kloset di Toilet. Bakteri yang dibawa oleh Smartphone akan membawa dampak negatif bagi bagian tubuh yang paling sering bersentuhan dengan layar smartphone, yakni Kulit.

Kami akan membahas mengenai penyakit kulit yang menjadi dampak penggunaan smartphone, berikut ulasannya.

Penyakit Kulit Yang Disebabkan Penggunaan Smartphone

Jerawat

smartphone merupakan tempat berkumpulnya bakteri, dimana make-up, minyak wajah, debu polusi, dan toksin terakumulasi pada layar smartphone kalian, setiap kali kita menjawab telepon dengan menempelkan ke telinga, kita turut menempelkan bakteri ke kulit kita, yang kemudian menutup pori-pori dan menimbulkan jerawat.

Untuk mengurangi risiko tersebut, kalian dapat menggunakan headset nirkabel sehingga kalian tidak perlu menempelkan smartphone kalian di wajah.

Kedua, bersihkan layar ponsel kalian. Gunakan kain microfiber yang biasa digunakan untuk membersihkan kacamata. Jangan lupa,semprotkan cairan air dan alkohol yang mengandung antiseptik untuk membersihkan bakteri, minyak dan make-up yang menempel pada layar.

Alergi Kulit

Komponen smartphone kini mengandung zat logam nikel dan kromium. Nikel menjadi salah satu penyebab utama alergi pada kulit.Gejala utamanya adalah ruam yang gatal di sekitar wajah dan tangan.

Untuk mengatasi hal tersebut, kalian bisa menutup menggunakan aksesori tambahan dan pelindung layar atau screen protector.

Tech Neck dan Keriput pada Bagian Leher

Penyakit Kulit Yang Disebabkan Penggunaan Smartphone yang ketiga adalah Tech Neck merupakan penyakit yang disebabkan oleh penggunaan smartphone. Sering membungkuk ketika menggunakan smartphone yang menyebabkan tulang harus menyesuaikan dengan sudut yang tidak nyaman.

Selain Tech Neck, kebiasaan menunduk ketika memainkan smartphone akan menyebabkan keriput pada bagian leher. Kulit leher yang elastis akan terpengaruh oleh kemiringan yang berulang.

Cara mengatasinya adalah dengan mengubah kebiasaan posisi ketika melihat layar smartphone, daripada menunduk lebih baik kalian mengangkat layar smartphone di depan wajah dengan posisi tubuh yang lurus dan baik.

Bintik Hitam

Pada penelitian tersebut juga menemukan fakta jika Blue Light pada layar smartphone dapat meningkatkan produksi pigmen yang menimbulkan bintik hitam pada kulit atau hyperpigmentation.

Jika seorang mengalami Melasma atau belang kecoklatan pada wajah, blue light pada layar smartphone akan memperparah kondisi tersebut.

Gunakan perlindungan antioksidan yang dapat mengatasi masalah kulit. Rutinlah konsumsi vitamin C, Vitamin E dan asam nikotinat untuk mengembalikan kecerahan warna kulit.

Penuaan Dini

Cahaya dari smartphone memiliki efek buruk pada penuaan kulit. Cahaya pada layar smartphone menyebabkan inflamasi yang menyebabkan kerusakan kolagen dan penuaan dini.

Itulah 5 Penyakit Kulit Yang Disebabkan Penggunaan Smartphone, mulai saat ini Rutinlah lakukan perawatan kulit kalian mulai dari sekarang dan gunakan smartphone secara bijak.

Penyakit Kulit Yang Disebabkan Penggunaan Smartphone

Ilustrasi Jerawat | foto: Pixabay.com

5 Penyakit Kulit Yang Disebabkan Penggunaan Smartphone | Muhammad Fabian | 4.5