Simak Cara agar HP Android Tidak Terkena Virus Berikut

Meski Google selaku pengembang operang system Android telah menyiapkan cara agar HP Android tidak terkena virus tapi bukan berarti pengguna bisa merasa aman. Menurut laporan pada awal 2017 lalu, setidaknya ada 25 ribu aplikasi Android di Play Store yang terindikasi mengandung malware. Padahal aplikasi tersebut telah di scanning sebelum tampil pada app store tersebut.

Selalu Download Aplikasi dari Play Store

Pastikan aplikasi yang kalian download itu merupakan aplikasi yang terdaftar di Play Store. Saat ini, Google telah menyempurnakan sistem scanning tiap aplikasi yang didaftarkan di toko mereka.

Informasi yang berhasil dihimpun, sistem tersebut diklaim mampu mengurangi kemungkinan pengguna untuk mendownload aplikasi berbahaya hingga 40 persen.

Menginstall aplikasi dengan menggunakan file apk dari situs lain sangat rentan untuk memiliki virus.

Kalian harus tahu, meskipun Google melakukan seleksi yang ketat di Google Play. Namun, masih saja banyak beredar aplikasi palsu. Misalnya saja, Aplikasi Pokemon GO yang banyak dipalsukan. Aplikasi palsu ini rentan mengandung virus yang dapat menginfeksi smartphone kalian.

pastikan kalian melakukan pengecekan nama aplikasi, jumlah download dan baca review aplikasi sebelum mengunduh aplikasi. Dengan begitu, kalian bisa mengetahui pengalaman pengguna lain.

Kalian juga bisa memanfaatkan fitur Google Play Protect. Yang berfungsi untuk mengecek kondisi aplikasi apakah aman dari malware atau tidak. Cara menggunakan Fitur Google Play Protect adalah klik Settings -> Google -> Security -> Google Play Protect.

Dengan fitur ini kalian akan menemukan daftar aplikasi yang dicurigai mengandung malware, serta pilihan untuk mengaktifkan fitur pengecekan perangkat Android kalian untuk keamanan dan deteksi aplikasi yang mengandung virus.

Jika muncul notifikasi “Looks Good (no harmful apps found)”, berarti smartphone kalian bebas virus.

Update Operating System

Cara agar HP Android Tidak Terkena Virus adalah dengan melakukan update pada operating system Android kalian. Update OS biasanya dilakukan pengembang untuk menutup celah keamanan atau memperkuat versi OS.

BackUp Data

Meski sudah melakukan langkah diatas, ada baiknya kalian selalu melakukan back up data gawai Android kalian secara berkala. Sebab, jika terjadi hal yang diluar dugaan kalian tetap memiliki salinan data.

Kalian bisa menyimpan data dengan Google Backup pada perangkat Android kalian. Caranya kalian masuk ke Settings -> aktifkan Backup & Reset. Selanjutnya kalian harus memilih pilihan untuk mem-backup data ponsel kalian.

Pastikan perangkat kalian terhubung dengan internet agar proses back up berjalan.

Demikian pembahasan Cara agar HP Android Tidak Terkena Virus, semoga menambah wawasan kalian untuk menghapus virus dari smartphone kalian. Kalian punya pengalaman menghapus virus dari smarthpne kalian? share di kolom komentar dibawah.

Cara agar HP Android Tidak Terkena Virus

Keamanan Android | foto: Pixabay.com

Simak Cara agar HP Android Tidak Terkena Virus Berikut | Muhammad Fabian | 4.5